About me

My photo
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Proud to be a Woman

Thursday 19 August 2010

Undangan Bergabung di Komunitas Aku Perempuan!

Salam Kesetaraan!
Selamat pagi saudariku, matahari telah menampakkan sinarnya pada kita untuk menerangi perjalanan kaum kita dalam mencapai cita bersama, cita kesetaraan. Mari bangun dan bangkit untuk merengkuh kesetaraan, merengkuh hak dan kesempatan yang sama yang selama ini kita tuntut bersama.
Sehubungan dengan berbagai agenda yang akan dihadapi oleh Komunitas Aku Peerempuan! Di masa mendatang, mulai dari konsistensi gerakan serta isu yang dibangun, perekrutan anggota serta pewacanaan di ruang diskusi mahasiswa, sungguh dibutuhkan lebih banyak lagi kaki yang bergerak, mulut yang meyuarakan ide-ide pembebasan perempuan, pikiran yang adil dan merdeka yang bisa mengubah keadaan yang masih bias gender hari ini.
Oleh Karena itu, Kami bermaksud mengundang saudari untuk turut serta berkontribusi dalam pemikiran, langkah gerak serta semangat dalam Komunitas Aku Perempuan! Pada :
Hari/Tanggal : Minggu, 22 Agustus 2010
Waktu : Pukul 15.00 WIB
Tempat : Citra Land (Belakang Gedung Samantha Krida)
Agenda : Share Komunitas Aku Perempuan

Untuk lebih lengkapnya, Kami melampirkan 1 berkas informasi terkait dengan komunitas Aku Perempuan!.
Salam hangat, The Real Feminism is Sisterhood.


Hormat Kami


Hayyu Febriani Wendy Ivannal Hakim Nurul Mahmudah




Latar Belakang dan Sejarah Komunitas
Aku Perempuan! lahir pada tanggal 1 Oktober 2009 di tengah lingkar seruan dan semangat para perempuan muda yang percaya bahwa sejatinya perempuan dilahirkan dengan kesetaraan, namun dibesarkan dengan ketidakadilan. Maka kami belajar, mempertanyakan, dan bersiap untuk memperjuangkan cita-cita kesetaraan itu. Kami percaya bahwa ketidaksetaraan ini tidak turun dari langit. Ini hanyalah sebuah konstruk sosial, yang bisa saja dengan segera kita ubah bersama.
Musabab itu, tentunya kita membutuhkan sebuah wadah perjuangan. Komunitas Aku Perempuan! diharapkan menjadi pelepas dahaga kekeringan wacana dan jawaban atas gelisah perempuan-perempuan muda untuk menemukan saudari seperjuangan. And as we know that the real feminism is a sisterhood, mari bersama-sama kita wujudkan cita-cita tentang kehidupan yang setara dan merdeka, tanpa ketidakadilan dan penindasan melalui Komunitas Aku Perempuan!

Lingkup dan Fokus Komunitas
Pewacanaan dan penyadaran tentang kesetaraan gender merupakan fokus kegiatan komunitas Aku Perempuan! Kami menyadari bahwa sungguh muskil tercapainya cita-cita besar sebuah kesetaraan tanpa adanya penanaman yang kuat terhadap wacana, spirit, dan jati diri mengenai kesetaraan itu sendiri. Upaya komunitas ini dalam mewujudkan kesetaraan di muka bumi, adanya persamaan hak dan kesempatan bagi kaum perempuan untuk mengaktualisasikan semua potensi perempuan yang selama ini dipaksa unutk terkonsentrasi di ranah domestik, dumulai dengan penyebaran isu dan wacana yang terkait dengan problem kaum perepmuan saat ini. Harapan besar untuk mencapai semua tujuan kesetaraan itu pula demi mengukuhkan nilai humanistik kaum perempuan yang terlanggar bahkan termarginalkan.
Aku Perempuan! bergeliat dengan kegelisahan, banyak pertanyaan, lalu mencoba mendiskusikan, menuliskan, dan tidak sabar ingin segera mengabarkan sari-sari rembug pendapat mengenai isu kesetaraan tersebut melalui media bulletin dan kegiatan diskusi publik yang ditargetkan untuk melibatkan seluruh perempuan-perempuan muda di lingkungan kampus dan tentu saja tidak menutup kemungkinan bagi semua pihak yang tertarik dan peduli dengan isu kesetaraan.

Kegiatan selama Ini
Komunitas Aku Perempuan! semenjak tercetuskan pada awal oktober 2009 telah mengadakan beberapa diskusi publik, diantaranya adalah diskusi publik bekerjasama dengan LPM Canopy Fakultas Pertanian dengan tema “Feminisasi Kemiskinan Pekerja Perempuan Sektor Informal”, diselenggarakan dalam rangka Hari Perempuan Internasional yang jatuh setiap tanggal 8 Maret. Kemudian dalam memperingati Hari Kartini, Komunitas Aku Perempuan bekerjasama dengan LPM ManifesT, UPKM Kavling 10 dan Teater Kertas menyelenggarakan peringatan Hari Kartini dengan diskusi Publik bertema “Rekonstruksi Perayaan Hari Kartini, Bukan soal Kebaya” . Selain itu, beberapa kali kami telah pula melakukan kajian Internal untuk mem-follow up wacana diantara anggota komunitas.

Aku Perempuan! sangat membutuhkan perempuan-perempuan muda yang sadar dan percaya akan potensi dirinya, bersemangat dan bekerja keras untuk mewujudkan cita asanya, serta berkeinginan kuat untuk menghidupi komunitas dengan spirit sisterhoodnya. Komunitas bak jabang bayi merah ini, dengan segala kerendahan hati meminang keberpihakkan saudari-saudari untuk bergabung dan merapatkan barisan dengan kami. Kami mengundang kehadiran dan kontribusi saudari sekalian untuk berjuang bersama menghidupi komunitas ini. Menulislah jika kau dapat menulis. Bacakanlah sajakmu, jika kau punya beberapa sajak untuk menyuarakan ketidakadilan ini. Ceritakanlah asal muasal ketidaksetaraan ini kepada kawan dan saudarimu. Mari kita lakukan apa saja yang dapat kita lakukan, berbagi apa saja yang dapat kita bagi. Lalu gabungkan diri kalian dalam barisan yang sedang bergerak untuk mewujudkan cita asa kehidupan yang setara. Didik dirimu dan berjuanglah bersama saudari-saudarimu. Usunglah semangat sisterhood karena masih banyak saudari kita yang hidup di bawah kepasrahan dan ketidaktahuan bahwa ketidaksetaraan hanyalah sebuah konstruk sosial yang bisa diubah dengan perjuangan.
The last but not the least, komunitas mengundang saudari secara personal untuk menjadi satu kaki lainnya dari Aku Perempuan! yang masih tertatih untuk berjalan, menjadi penggenap seruan dari Aku Perempuan! yang masih terbata-bata untuk berteriak, juga menjadi penjaga nyala api semangat Aku Perempuan! yang belum setegar suluh perjuangan, serta yang paling penting adalah menjadi saudari kami dalam kodrat anak manusia yang harus dan selalu bergeliat untuk mengubah nasibnya menuju kehidupan yang lebih baik.
As we know that the real feminism is sisterhood! Bergabunglah!

CP
Wendy : 085735353053
Ilur : 085736383488
Ayik : 085755066616

2 comments:

  1. SALAM SATU JIWA POLIGAMI BIKIN INDONESIA SEJAHTERA BERDASARKAN SYARIAT ISLAM !!!

    ReplyDelete
  2. Aku tahu siapa kamu!
    pasti mas Arrsa.. atou mas Deny..
    kalian memang sekongkol.. hahah
    tapi jangan coba-coba poligami saya!
    haha

    ReplyDelete